Jumat, 03 November 2017

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

PERANGKAT YANG ADA DI KOMPUTER


Komputer dapat didefinisikan sebagai kumpulan rangkaian elektronika yang berfungsi untuk menerima input, mengolahnya, dan  menghasilkan suatu output. Dibawah ini saya akan menjelaskan mengenai alat masukan (input device), alat pemproses (proses device) , alat pengeluaran (output device) pada komputer.
 
1.     Alat Masukan (Input Device)
            Alat masukan (Input Device) mempunyai kegunaan sebagai suatu alat yang bisa memasukan data dari luar untuk kemudian diproses oleh prosesor dan juga memori sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi data.  Dibawah ini merupakan contoh alat input pada komputer :
a.     Keyboard
Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
b.     Mouse
Mouse adalah salah satu input device yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
c.     Touchpad
Touchpad berfungsi untuk pengganti mouse pada laptop/notebook.
d.     Microphone
Microphone berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang kemudian akan disimpan dalam memori komputer dan untuk berbicara saat sedang chatting atau video call.
e.     Webcam
Berfungsi untuk mengambil gambar/video untuk ditransfer ke internet, webcam juga dapat berfungsi untuk video call.
f.     Scanner
Scanner digunakan untuk menyalin/mengambil gambar file dari luar komputer dan kemudian hasilnya akan ditampilkan di komputer.
g.     Joystick
Alat input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game
h.     Camera digital
Berfungsi menginput Gambar/image
i.     Digitizer
Digunakan dalam pemetaan
j.  Touch Screen
Digunakan memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan nya di sentuh
k.  Touch pad
Permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke suatu posisi relatif pada layar komputer.
l.  Track ball
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
m.  Light Pen
Piranti masukan komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor.
2.     Alat Pemproses (Proses Device)
            Alat pemproses (Proses Device) adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input. Peralatan proses merupakan pusat proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi ke peralatan Output. Contoh alat pemroses pada komputer yaitu central processing unit (CPU). Adapun komponen – komponen dari CPU yaitu :
No
Nama
Gambar
Pengertian
Fungsi
1.
Motherboard

Motherboard (mother = induk , board = papan) merupakan papan induk  yang digunakan untuk  memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti, sistem CPU (prosesor), sirkuit clock/timing, Ram, Cache, ROM BIOS, I/O.
Sebagai tempat penghubung antara komponen satu dengan komponen yang lainnya agar  dapat saling melakukan komunikasi satu sama lain.
2
Casing

Kotak (rumah komputer) merupakan tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.
Menjadi tempat dimana kita akan meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, harddisk, dan lain-lain.
3
Power Supply

PSU (Power Supply Unit) yaitu merubah Tegangan DC Menjadi AC Atau Sebagai Pengatur Arus Tegangan Listrik Untuk Dibagikan Ke Komponen-Komponen Lainnya
Pensuplai arus listrik ke komponen-komponen lainnya misalnya saja motherboard, harddisk, optical disk drive, dan lain-lain.
4
Processor

Processor atau CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari semua proses yang ada di komputer, semakin tinggi nilai prosessor maka semakin tinggi kinerja komputer tersebut
Pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer yaitu memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output
5
RAM

RAM (Random Access Memory) adalah komponen komputer yang memiliki tugas untuk menyimpan data secara sementara dari suatu program yang sedang berjalan (saat komputer masih hidup)  dimana data-data yang tersimpan tersebut dapat dibaca atau diakses dengan cara acak.
Menyimpan data sementara pada sebuah komputer yang masih hidup
6
Video Card

Sebuah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar yang di layar.
Mengubah sinyal digital pada komputer menjadi tampilan grafik dilayar monitor.
7
Harddisk

Piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.
Sebagai tempat menyimpan data
8
CD ROM (compact disc read-only memory)

Sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data
Membaca Kepingan CD/DVD digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat masuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.

3.     Alat Pengeluaran (Output Device)
            Alat pengeluaran (output device)  adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi. Contoh dari alat Output adalah:
1.     Monitor
Monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer, dan saat ini terdapat 4 jenis monitor komputer yaitu CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display), Plasma gas, dan OLED (Organic Light Emitting Diode)
2.     Printer
Mencetak document yang telah kita buat
3.     Speaker
Memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3
4.     Proyektor
sama seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding





Silahkan klik DOWNLOAD untuk membaca lebih lengkap lagi.

     Silahkan klik DOWNLOAD untuk membaca lebih lengkap lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Chrome - Background