Jumat, 27 Oktober 2017

PENDIDIKAN AGAMA MATERI 5


BAB I
PENDAHULUAN

      A.    LATAR BELAKANG
           
Dalam menjalankan perintah Allah SWT. Kita diwajibkan mengenal betul tentang agama Islam. Hal ini dimaksudkan agar perintah yang dikerjakan mendapatkan pahala disisi Allah SWT. Adapun pengertian yang harus kita pahami yaitu dzikir, shalat, dan doa. Dalam melaksanakan zikir, shalat dan doa harus mengetahui tatacara mengerjakannya dan waktu pelaksanaannya.
      B.     RUMUSAN MASALAH
a.       Pengertian dari dzikir
b.      Pengertian dari shalat
c.       Pengertian dari doa

      C.    TUJUAN
a.       Memahami pengertian dari zikir
b.      Memahami pengertian dari shalat
c.       Memahami pengertian dari doa



BAB II
ISI


  1. PENGERTIAN DZIKIR
Kata "dzikir" menurut bahasa artinya ingat. Sedangkan dzikir menurut pengertia syariat adalah mengingat Allah SWT dengan maksud untuk mendekatkan diri kepadaNya. Kita diperintahkan untuk berdzikir kepada Allah untuk selalu mengingat akan kekuasaan dan kebesaranNya sehingga kita bisa terhindar dari penyakit sombong dan takabur

Dzikir dibagi menjadi 3:
1.      Dzikir dengan hati, yaitu dengan cara bertafakur, memikirkan ciptaan Allah sehingga timbul didalam fikiran kita bahwa Allah adalah Dzat yang kuasa. Dengan melakukan dzikir seperti ini, keimanan seseorang kepada Allah SWT akan bertambah,
2.      Dzikir dengan lisan(ucapan), yaitu dengan cara mengucapkan lafad-lafad yang didalamnya mengandung asma Allah yang telah diajarkan oleh Rasulallah kepada umatnya.
3.      Dzikir dengan perbuatan, yaitu dengan cara melakukan apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangan-laranganNYA.
Yang harus diingat ialah bahwa semua amalan harus dilandasi dengan niat.

  1. PENGERTIAN SHALAT
Shalat menurut bahasa adalah doa. Menurut istilah (ahli fiqih) berarti perbuatan (gerak) yang mulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Shalat dibagi menjadi 2 :
1.      Shalat fardhu, yaitu shalat yang apabila ditinggalkan disengaja, maka pelakunya bermaksiat kepada Allah. Dan shalat fardhu ini terbagi menjadi 2 macam:
·         Fardhu ‘ain, yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang baligh dan berakal, baik laki – laki maupun perempuan, seperti shalat lima waktu.
·         Fardhu kifayah, yaitu jika sebagian kaum muslimin ada yang malaksanakannya, maka kewajiban tersebut telah gugur dari sebagian yang lain.
2.      Shalat sunnah, yaitu shalat yang apabila ditinggalkan dengan sengaja, maka pelakunya tidak berarti melakukan kemaksiatan kepada Allah, seperti shalat sunnah rawatib, shalat, witir, dan shalat-shalat lainnya. Tetapi shalat sunnah ini dianjurkan untuk dilaksanakannya, dan dimakruhkan untuk ditinggalkan.

Syarat – syarat shalat :
·           Islam
·           Berakal dan baligh
·           Masuk waktu
·           Suci

Syarat – syarat sah shalat :
·         Suci dari hadas kecil dan besar
·         Menutupi aurat
·         Menghadap kiblat

Rukun shalat :
·         Niat
·         Takbiratul ikhram
·         Membaca al-fatihah
·         Ruku’ dan i’tidal
·         Sujud dan duduk diantara dua sujud
·         Tumakninah
·         Duduk tasyahud
·         Mengucapkan salam
·         Tertib


  1. PENGERTIAN DOA
Doa adalah memohon atau meminta suatu yang bersifat baik kepada Allah SWT seperti meminta keselamatan hidup, rizki yang halal dan keteguhan iman. Sebaiknya kita berdoa kepada Allah SWT setiap saat karena akan selalu didengar olehNya ( M. Afif Anshori 2003:40)
Waktu-waktu yang tepat untuk berdoa ialah ketika membaca AlQuran, setelah Solat wajib, pada saat tengah malam setelah sholat tahajud, saat melaksanakan ibadah haji, Saat berpuasa wajib dan sunah.
Keterkabulan dan Penghalang Doa
Hal yang menyebabkan doa tidak terkabulkan yaitu : karena kalian telah mengenal Allah SWT sebagai tuhan kalian, tapi kalian tidak menaati aturan-Nya, kalian telah memahami bahwa Rasul adalah (panutan hidup), tapi kalian enggan mengikuti jalan hidupnya, kalian tahu bahwa al-Qur’an adalah pedoman hidup, tapi kalian tidak mengamalkan petunjuknya, kalian merindukan surga, tapi kalian tak mau mengejarnya, kalian takut kepada neraka, tapi kalian selalu berbuat maksiat, dan kalian mengabaikan aib mereka sendiri, namun kalian sibuk mengumpulkan aib orang (Teungku Hasbi Ash-Shiddieqiy 2008:80).
 
BAB III
PENUTUP

  1. KESIMPULAN
Kata "dzikir" menurut bahasa artinya ingat. Sedangkan dzikir menurut pengertia syariat adalah mengingat Allah SWT dengan maksud untuk mendekatkan diri kepadaNya.
Shalat menurut bahasa adalah doa. Menurut istilah (ahli fiqih) berarti perbuatan (gerak) yang mulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.
Doa adalah memohon atau meminta suatu yang bersifat baik kepada Allah SWT seperti meminta keselamatan hidup, rizki yang halal dan keteguhan iman.
  1. SARAN
Demikian makalah yang kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin di sampaikan, silahkan sampaikan kepada kami.

Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat mema'afkan dan memakluminya, karena kami adalah hamba Allah yang tak luput dari salah khilaf

Wabillah Taufik Walhidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



  Silahkan klik DOWNLOAD untuk membaca lebih lengkap lagi. 

 


Silahkan klik DOWNLOAD untuk membaca lebih lengkap lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Chrome - Background